Laporan Tahunan 2022

Kantor Pusat Gedung The Tower Jl. Gatot Subroto No. 27 Kelurahan Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan 12930 Bank Syariah Indonesia @banksyariahindonesia Bank Syariah Indonesia bankbsi_id LAPORAN TAHUNAN 2022 KOLABORASI UNTUK AKSELERASI PERTUMBUHAN Silakan memindai Kode QR berikut untuk mengunduh Laporan Tahunan ini www.bankbsi.co.id BSI Call 14040

PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk LAPORAN TAHUNAN 2022 KOLABORASI UNTUK AKSELERASI PERTUMBUHAN

Kolaborasi untuk Akselerasi Pertumbuhan

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Tahun 2022 merupakan tahun penuh pertama operasional PT Bank Syariah Indonesia Tbk (“BSI”) dapat dilakukan secara komprehensif dan integratif, setelah ditetapkannya “Operational Day 1” pada tanggal 1 November 2021. Sepanjang tahun tersebut, BSI konsisten membangun sinergi antara kekuatan-kekuatan tiga bank syariah besar menjadi satu, baik dari sisi permodalan, teknologi informasi, infrastruktur layanan maupun ragam produk dan jasa. BSI juga bergerak cepat menggalang kolaborasi dengan berbagai elemen dalam ekosistem ekonomi syariah Indonesia. Langkah-langkah sinergi dan kolaborasi tersebut terbukti mampu mendorong kinerja BSI ke tingkat yang memuaskan, sebagai ujung tombak perbankan syariah dalam lanskap perbankan nasional. 1 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Kesinambungan Tema Menyebarkan Layanan untuk UMKM Di Pelosok Negeri Berinovasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan Menapak Esok dengan Digitalisasi 2020 2019 2018 BRIsyariah berkomitmen untuk terus memberikan layanan perbankan syariah yang amanah, melalui pengembangan teknologi dan inovasi digital guna kemudahan bagi para nasabah, utamanya untuk mencapai aspirasi dan visi misi menjadi bank ritel melalui digitalisasi, sebagai satu kesatuan dalam integrasi inklusi finansial Grup BRI yang dapat diandalkan. Di tengah pandemi COVID-19, BRIsyariah melakukan sejumlah langkah agar pertumbuhan bisnis Bank tetap sehat. Yang utama dilakukan adalah optimalisasi layanan perbankan digital sebagai langkah adaptive operations, selektif dalam menyalurkan pembiayaan serta melakukan restrukturisasi sebagai pre-emptive strategies for sustainable financing portfolio. Selain itu, Bank juga meningkatkan dana murah yang sehat serta buffer likuiditas sebagai penerapan healthy liquidity management. Hasilnya di tahun 2020, selain kenaikan laba, BRIsyariah juga tumbuh di sisi aset, pembiayaan, dan dana pihak ketiga. Pada tahun 2019, BRIsyariah yang telah mencapai usia ke-11 tahun tak pernah henti bermuhasabah demi kemajuan dan berkembang bersama seluruh masyarakat Indonesia. Pertumbuhan yang berkelanjutan senantiasa menjadi goal BRIsyariah dalam beraktivitas dan menapaki bisnis ke depan. Di balik pertumbuhan yang berkelanjutan tersebut tentu ada banyak sekali elemen bisnis yang semuanya saling berkaitan dan bersinergi baik dalam hal operasional, kepatuhan, maupun segmen yang menjadi fokus bisnis BRIsyariah. Inovasi dalam hal ini sangat berperan besar dan berlaku universal di tiap lini struktur organisasi BRIsyariah. Inovasi dalam hal operasional, misalnya. Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah, BRIsyariah berkomitmen memperkaya dan melengkapi fitur-fitur electronic banking (e-banking) dengan terus melakukan inovasi yang dilandasi pengalaman dan atau kebutuhan nasabah. Di tahun 2019 BRIsyariah meluncurkan i-Kurma, Kemaslahatan Untuk Rakyat Madani. i-Kurma, yang merupakan aplikasi digital untuk memproses pembiayaan mikro diluncurkan di milad BRIsyariah ke-11. i-Kurma akan mempercepat proses pencairan pembiayaan mikro. Tak hanya fitur, BRIsyariah juga selalu berupaya menghadirkan produk dan layanan baru yang dapat menggugah nasabah akan Solusi Keuangan yang Amanah. Sehingga secara langsung maupun tidak langsung, aktivitas yang dilakukan BRIsyariah senafas dengan yang diinginkan Pemerintah dan Otoritas Keuangan terkait, yakni adanya peningkatan inklusi keuangan dan merata di seluruh khalayak. BRIsyariah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah antara lain dengan pengembangan produk digital eksisting melalui integrasi dari iBank dan Mobile Banking, BRIS Online. Sejalan dengan hal itu, praktik tata kelola terbaik terus diimplementasikan untuk lebih memperkuat branding Solusi Keuangan yang Amanah. Selanjutnya, sebagai salah satu bank pelopor green banking, Perseroan terus memperkokoh landasan keberlanjutan antara lain melalui persyaratan pembiayaan yang pro lingkungan maupun penggunaan sumber daya yang efisien dalam operasional Bank. Seluruh strategi tersebut adalah kekuatan BRIsyariah untuk dapat mencapai visi menjadi bank syariah dan bank ritel modern yang terkemuka di Indonesia, sekaligus memberikan kontribusi pada perekonomian bangsa dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi syariah, dimana BRIsyariah memiliki fokus meningkatkan pembiayaan syariah untuk pembangunan Negeri. 2 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Energi Baru untuk Indonesia Kolaborasi untuk Akselerasi Pertumbuhan 2021 2022 PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang lahir dari merger 3 (tiga) bank syariah milik Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) baru berusia 1 (satu) tahun. Kelahirannya pada 1 Februari 2021 langsung diresmikan oleh Presiden Ir. H. Joko Widodo di Istana Negara. Di usia yang masih belia, BSI telah menorehkan pencapaian yang menakjubkan. Rata-rata kinerja keuangan tumbuh tinggi. Integrasi kegiatan operasional dari bank legacy pun berjalan lancar. Bahkan BSI telah resmi membuka representative office di Dubai, yang merupakan pusat keuangan dunia. Semua itu berkat kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas seluruh Insan BSI serta dukungan para pemangku kepentingan, sehingga Bank mampu memberikan manfaat besar. Atas dasar inilah, kami semua meneguhkan tekad, mengobarkan semangat, untuk membesarkan Bank Syariah Indonesia menjadi lebih kuat agar mampu menjadi Energi Baru Untuk Indonesia. Tahun 2022 merupakan tahun penuh pertama operasional PT Bank Syariah Indonesia Tbk (“BSI”) dapat dilakukan secara komprehensif dan integratif, setelah ditetapkannya “Operational Day 1” pada tanggal 1 November 2021. Sepanjang tahun tersebut, BSI konsisten membangun sinergi antara kekuatankekuatan tiga bank syariah besar menjadi satu, baik dari sisi permodalan, teknologi informasi, infrastruktur layanan maupun ragam produk dan jasa. BSI juga bergerak cepat menggalang kolaborasi dengan berbagai elemen dalam ekosistem ekonomi syariah Indonesia. Langkah-langkah sinergi dan kolaborasi tersebut terbukti mampu mendorong kinerja BSI ke tingkat yang memuaskan, sebagai ujung tombak perbankan syariah dalam lanskap perbankan nasional. 3 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Kinerja Keuangan Penetrasi ke Luar Negeri: Masuk Dalam Ekosistem Keuangan Syariah Global Untuk memperkuat bisnis global dan menjadi bagian dalam ekosistem syariah di tingkat internasional, BSI telah menandatangani nota kesepahaman dengan Riyad Bank. Riyad Bank akan menjadi mitra BSI dalam ekspansi bisnis di Arab Saudi, seperti treasury, haji & umrah, trade finance, remittance dan bisnis antarbank lainnya. BSI memiliki komitmen tinggi terhadap aspek keberlanjutan. Pada tahun 2022, total pembiayaan keuangan berkelanjutan mencapai Rp51,15 triliun. Peringkat BSI naik, dari sebelumnya di posisi 7, kini ada di urutan 6 Bank Umum di Indonesia Berdasarkan Aset. Rp207,7 Pembiayaan yang disalurkan BSI tumbuh 21,3% 1.112 Kantor Cabang dan Kantor Cabang Pembantu 18.581 Jumlah karyawan triliun 4 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Fundamental Makin Kuat Fundamental BSI pada tahun 2022 semakin kuat, seperti ditunjukan melalui sejumlah indikator di bawah ini: 75,9% Kinerja Bank makin efisien, dengan rasio Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) 75,9%, sementara tahun sebelumnya 80,5%. 33,9% Ekuitas Bank terus tumbuh, hingga menjadi Rp33,5 triliun di tahun 2022, dari Rp25,0 triliun di tahun sebelumnya. 0,57% NPF-Neto Bank sebesar 0,57%, membaik dari tahun sebelumnya sebesar 0,87%. Rp305.7 Aset BSI tumbuh 15,2% dibandingkan tahun sebelumnya, dari Rp265,3 triliun menjadi Rp305,7 triliun triliun rekening 40,7% Laba bersih Bank tumbuh 40,7%, sehingga menjadi Rp4,3 triliun. Rp19,6 Total pendapatan Bank sebagai mudharib meningkat 10,2%, dari tahun sebelumnya sebesar Rp17,8 triliun. triliun 2,42% Kualitas pembiayaan membaik, dengan NPF-Gross menjadi 2,42% dari tahun sebelumnya 2,93% 33.684.253 Jumlah Rekening DPK 17.797.506 Jumlah Nasabah 5 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Pada akhir tahun 2022, BSI melakukan aksi korporasi berupa rights issue. Saham baru yang diterbitkan mencapai 4.999.952.795 lembar saham Seri B atau sekitar 10,8% dari modal ditempatkan dan disetor penuh Bank. Harga pelaksanaan rights issue sebanyak-banyaknya Rp1.000 per lembar saham. Jumlah dana yang akan diterima Bank sekitar Rp5 triliun dari aksi korporasi tersebut. Memperkuat Modal dengan Right Issue Rp261,5 Rp264,6 Realisasi akumulasi Dana Pihak Ketiga mencapai Rp261,5 triliun, 100,8% dari target yang telah ditetapkan. Realisasi sumber pendanaan BSI mencapai Rp264,6 triliun, tumbuh 12,3% dari tahun sebelumnya. triliun triliun 6 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Penyaluran Pembiayaan Berdasarkan Sektor Konstruksi Kesehatan Pendidikan UMKM Kredit Usaha Rakyat Rp16,46 Rp5,09 Rp3,90 Rp41,91 Rp12,22 triliun triliun triliun triliun triliun 7 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Kolaborasi untuk Akselerasi Pertumbuhan 1 Kesinambungan Tema 2 Kinerja Keuangan 4 Ikhtisar Kinerja Ikhtisar Keuangan 12 Ikhtisar Saham 16 Aksi Korporasi 18 Informasi Penghentian Saham Sementara 18 Ikhtisar Obligasi, Sukuk, atau Lainnya 19 Penghargaan dan Sertifikasi 20 Peristiwa Penting 26 Laporan Manajemen Laporan Dewan Komisaris 40 Laporan Direksi 52 Laporan Dewan Pengawas Syariah 64 Surat Pernyataan Anggota Direksi dan Anggota Dewan Komisaris atas Laporan Tahunan 2021 PT Bank Syariah Indonesia Tbk 70 Profil Perusahaan Identitas Perusahaan 74 Sekilas Perusahaan 76 Jejak Langkah 78 Visi, Misi dan Budaya/Nilai-Nilai Perusahaan 80 Bidang Usaha 82 Produk dan Layanan 84 Jaringan Bisnis dan Wilayah Operasi 93 Struktur Organisasi 102 Daftar Keanggotaan Asosiasi 104 Profil Dewan Komisaris 105 Profil Dewan Pengawas Syariah 114 Profil Direksi 118 Profil Pejabat SEVP 128 Profil Pejabat Eksekutif 131 Profil Regional CEO 135 Demografi Karyawan 136 Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi 138 Komposisi Pemegang Saham 173 Pemegang Saham Utama dan Pengendali 177 Struktur Korporasi 177 Entitas Anak dan Perusahaan Asosiasi178 Kronologi Pencatatan Saham 178 Kronologi Pencatatan Efek Lainnya 179 Kantor Akuntan Publik 179 Lembaga Profesi dan Penunjang Pasar Modal 180 Website Perusahaan 182 Analisis dan Pembahasan Manajemen Tinjauan Ekonomi dan Industri 186 • Ekonomi Global 187 • Ekonomi Nasional 188 • Tinjauan Industri Perbankan Nasional Dan Syariah 189 • Tinjauan Posisi Bank Syariah Indonesia di Industri Perbankan Syariah 190 Tinjauan Kinerja Per Segmen Usaha 192 • Corporate Banking 193 • Commercial Banking 194 • Hubungan Kelembagaan 195 • Segmen Ritel 197 • Segmen Treasury Banking & Kantor Pusat 200 Tinjauan Keuangan 204 Aset 205 Liabilitas 207 Dana Syirkah Temporer 208 Analisis Kualitas Aset Produktif dan Rasio Keuangan 211 Informasi Kinerja Keuangan Lainnya 211 Kemampuan Membayar Utang 213 Struktur Modal 217 Ikatan Material untuk Investasi Barang Modal 218 Investasi Barang Modal 218 Informasi dan Fakta Material yang Terjadi setelah Tanggal Laporan Akuntansi 218 Prospek Usaha 219 Perbandingan antara Target dan Realisasi serta Proyeksi 1 (Satu) Tahun Mendatang 220 Daftar Isi 1 Halaman 72 Halaman 184 Halaman 38 Halaman 10 Halaman 8 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Pendukung Bisnis Sumber Daya Manusia 242 Teknologi Informasi 250 Manajemen Risiko 256 Tata Kelola Perusahaan Dasar Penerapan GCG 317 Struktur Tata Kelola 319 Pemegang Saham 319 Rapat Umum Pemegang Saham 320 Pelaksanaan RUPS Tahun 2022 322 RUPS Tahun Sebelumnya 335 Laporan Keuangan 553 Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan 500 314 Halaman 240 Halaman Aspek Pemasaran 221 Kepatuhan Pembayaran Pajak 225 Program Kepemilikan Saham Karyawan dan/atau Manajemen (ESOP/MSOP) 225 Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum 225 Informasi Material terkait dengan Investasi, Ekspansi, Divestasi, Akuisisi dan Restrukturisasi 226 Transaksi Material yang Mengandung Benturan Kepentingan dan/atau Transaksi dengan Pihak Afiliasi/ Berelasi 227 Perubahan Peraturan PerundangUndangan yang Berpengaruh terhadap Perusahaan 237 Perubahan Kebijakan Akuntansi 239 Dewan Komisaris 342 Komisaris Independen 350 Dewan Pengawas Syariah 358 Direksi 364 Keberagaman Komposisi Dewan Komisaris dan Direksi 379 Nominasi Dewan Komisaris dan Direksi 384 Remunerasi Dewan Komisaris, Dewan Pengawas Syariah dan Direksi 384 Organ dan Komite Di Bawah Dewan Komisaris 386 Organ dan Komite Di Bawah Direksi 416 Internal Audit 427 Sistem Pengendalian Internal 435 Manajemen Risiko 436 Akuntan Publik 436 Kebijakan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorsime (APU & PPT) 438 Fungsi Kepatuhan 450 Pemberian Dana Kegiatan Sosial Dan/ Atau Politik 455 Perkara Penting 455 Hubungan Investor 464 Akses Informasi dan Data Perusahaan465 Kebijakan Pengendalian Gratifikasi dan Anti Korupsi 474 Kode Etik 478 Pengelolaan Whistleblowing System 480 Tata Kelola Terintegrasi 486 Pendapatan Non-Halal dan Penggunaannya 485 Kebijakan Pemberian Kompensasi Jangka Panjang Kepada Karyawan dan/atau Manajemen 485 Buyback Saham dan Buyback Obligasi 486 Transparansi Kondisi Keuangan dan Non Keuangan 486 Transaksi Mengandung Benturan Kepentingan 486 Penilaian Penerapan GCG 486 Penerapan atas Pedoman Tata Kelola Perusahaan Terbuka 496 498 Halaman 504 Halaman 9 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja 01 Bank berhasil mencapai peringkat #6 dalam daftar bank umum di Indonesia dari sisi aset.

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Ikhtisar Keuangan Posisi Keuangan (Rp Juta) Uraian 2022 2021 2020* Kas 4.951.469 4.119.903 3.180.739 Giro dan Penempatan pada Bank Indonesia 31.778.458 20.563.580 21.527.933 Giro dan Penempatan pada Bank Lain-Neto 2.475.917 1.841.551 8.695.805 Investasi pada Surat Berharga-Neto 57.841.271 67.579.070 49.105.637 Tagihan Akseptasi 476.589 159.880 292.789 Piutang Murabahah 124.873.356 101.685.560 89.844.090 Piutang Istishna 132 359 637 Piutang Sewa Ijarah 13.278 101.570 39.167 Cadangan kerugian penurunan nilai dan penyisihan kerugian Piutang (4.184.787) (3.450.506) (3.294.706) Jumlah Piutang-Neto 120.701.979 98.336.983 86.589.188 Pinjaman Qardh- Neto 8.867.013 9.081.400 9.054.373 Pembiayaan Mudharabah-Neto 1.001.957 1.592.314 2.598.787 Pembiayaan Musyarakah-Neto 66.450.946 53.903.123 50.896.175 Aset yang Diperoleh Untuk Ijarah - Neto 1.484.573 901.565 1.509.461 Aset Tetap dan Aset Hak Guna - Neto 5.654.698 4.055.953 3.397.075 Aset Pajak Tangguhan 1.675.103 1.445.324 1.109.281 Aset Lain-lain-Neto 2.367.465 1.708.435 1.624.281 JUMLAH ASET 305.727.438 265.289.081 239.581.524 Liabilitas Segera 1.009.502 608.554 1.018.562 Bagi Hasil yang Masih Harus Dibayar 192.775 158.478 170.010 Giro Wadiah 21.797.852 21.090.695 29.775.354 Tabungan Wadiah 44.214.405 36.157.195 30.628.229 Jumlah Simpanan Wadiah 66.012.257 57.247.890 60.403.583 Simpanan dari Bank Lain 2.218.697 115.938 806.560 Kewajiban Akseptasi 481.403 161.495 295.337 Utang Pajak 667.485 504.078 537.514 Estimasi Liabilitas Imbalan Kerja 689.018 836.491 908.751 Estimasi Kerugian Komitmen dan Kontinjensi 28.873 17.194 20.323 Liabilitas Lain-lain 2.355.781 2.236.358 1.879.721 JUMLAH LIABILITAS 73.655.791 61.886.476 66.040.361 * Disajikan kembali 12 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan (Rp Juta) Uraian 2022 2021 2020* Giro Mudharabah 22.754.968 13.318.627 5.370.452 Tabungan Mudharabah 72.897.352 65.102.491 59.008.934 Deposito Mudharabah 100.760.342 98.592.553 86.043.632 Sukuk Mudharabah Subordinasi 1.375.000 1.375.000 1.375.000 Pembiayaan yang Diterima 778.375 - - JUMLAH DANA SYIRKAH TEMPORER 198.566.037 178.388.671 151.798.018 Modal disetor 23.064.630 20.564.654 3.142.019 Tambahan Modal Disetor (3.929.100) (6.366.776) - Ekuitas Merging Entities - - 10.903.586 Keuntungan Revaluasi Aset Tetap 444.530 444.530 395.725 Pengukuran Kembali Program Imbalan Kerja Pasti 268.904 140.271 53.998 (Kerugian)/Keuntungan Surat Berharga - bersih (55.477) 22.263 - Cadangan Umum 1.384.677 779.036 597.804 Saldo Laba 12.327.446 9.429.956 6.650.013 · Tahun lalu 8.067.264 6.468.781 5.215.525 · Tahun berjalan 4.260.182 2.961.175 1.434.488 JUMLAH EKUITAS 33.505.610 25.013.934 21.743.145 JUMLAH LIABILITAS, DANA SYIRKAH TEMPORER DAN EKUITAS 305.727.438 265.289.081 239.581.524 * Disajikan kembali 13 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain (Rp Juta) Uraian 2022 2021 2020* Jumlah Pendapatan Pengelolaan Dana oleh Bank sebagai Mudharib 19.622.865 17.808.432 16.929.592 Hak Pihak Ketiga atas Bagi Hasil Dana Syirkah Temporer (4.032.169) (4.378.807) (5.006.667) Hak Bagi Hasil Milik Bank 15.590.696 13.429.625 11.922.925 Pendapatan Usaha Lainnya 3.701.111 3.012.246 2.776.701 Beban Usaha (9.895.336) (8.782.773) 7.952.814 Beban CKPN Aset Produktif dan Non Produktif - Neto (3.748.797) (3.551.249) 3.620.446 Laba Usaha 5.647.674 4.107.849 3.126.366 Pendapatan (Beban) Non Operasional- Neto 8.534 (45.641) (46.967) Laba Sebelum Zakat dan Beban Pajak 5.656.208 4.062.208 3.079.399 Zakat (141.405) (101.684) (74.202) Beban Pajak Penghasilan (1.254.621) (932.319) (817.548) Laba Bersih 4.260.182 3.028.205 2.187.649 Jumlah Pendapatan Komprehensif Lain Bersih Setelah Pajak 50.893 189.591 (36.503) Laba (Rugi) Komprehensif Periode Berjalan 4.311.075 3.217.796 2.151.146 Laba Tahun Berjalan per Saham Dasar (dalam Rupiah penuh) 102.54 73.69 53.52 Laba per Saham Dilusian (dalam Rupiah penuh) 102.54 73.66 53.51 * Disajikan kembali 14 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Arus Kas (Rp Juta) Uraian 2022 2021 2020* Arus Kas dari Aktivitas Operasi Kas Bersih Dihasilkan dari Aktivitas Operasi 1.885.530 16.696.794 13.444.647 Arus Kas dari Aktivitas Investasi Kas Bersih Dihasilkan dari Aktivitas Investasi 5.994.708 (16.591.024) (12.927.114) Arus Kas dari Aktivitas Pendanaan Kas Bersih Dihasilkan dari Aktivitas Pendanaan 4.798.909 (77.929) (268.516) Kenaikan Bersih Kas dan Setara Kas 12.679.147 27.841 249.017 Kas & Setara Kas Awal Tahun 26.542.272 26.514.431 26.265.414 Kas & Setara Kas Akhir Tahun 39.221.419 26.542.272 26.514.431 * Disajikan kembali Rasio Keuangan (%) Uraian 2022 2021 2020* Capital Adequacy Ratio (CAR) 20,29 22,09 18,24 Non Performing Financing (NPF) gross 2,42 2,93 2,88 Non Performing Financing (NPF) net 0,57 0,87 1,12 Return On Assets (ROA) 1,98 1,61 1,38 Return On Equity (ROE) 16,84 13,71 11,18 Net Imbalan (NI) 6,31 6,04 6,04 Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) 75,88 80,46 84,61 Cost to Income Ratio (CIR) 51,01 52,57 53,74 Financing to Deposit Ratio (FDR) 79,37 73,39 74,52 Persentase Pelampauan BMPD 0,00 0,51 0,00 GWM Rupiah 8,30 5,05 3,12 GWM Valas 1,18 1,03 1,16 Posisi Devisa Neto 0,57 0,27 4,47 * Disajikan kembali 15 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Ikhtisar Saham Informasi Harga Saham Tahun Harga Per Saham (Rp) Jumlah Saham Beredar (Lembar Saham) Volume Transaksi (Lembar Saham) Kapitalisasi Pasar (Rp Triliun) Pembukaan Tertinggi Terendah Penutupan 2022 Triwulan I 1.620 1.625 1.605 1.605 41.129.307.343 1.190.638.400 66,01 Triwulan II 1.350 1.355 1.340 1.340 41.129.307.343 560.250.900 55,11 Triwulan III 1.495 1.500 1.400 1.470 41.129.307.343 1.289.347.000 60,46 Triwulan IV 1.295 1.310 1.270 1.290 46.129.260.138 980.433.400 59,51 2021 Triwulan I 2.350 2.350 2.210 2.290 41.031.208.943 10.061.997.400 93,96 Triwulan II 2.180 2.370 2.150 2.300 41.128.868.743 3.808.326.000 94,60 Triwulan III 2.050 2.080 2.010 2.040 41.128.868.743 4.356.091.600 83,90 Triwulan IV 1.790 1.805 1.780 1.780 41.129.307.343 1.880.546.500 73,21 2020 * Triwulan I 190 210 190 196 9.716.113.498 732.856.900 1,90 Triwulan II 310 312 306 308 9.716.113.498 3.986.666.700 2,99 Triwulan III 750 760 725 750 9.716.113.498 15.807.047.400 7,29 Triwulan IV 2.290 2.370 2.200 2.250 9.900.508.698 15.875.453.300 22,28 * PT Bank BRIsyariah Tbk Harga Penutupan (Rp/lembar) 2022 2021 2020* Triwulan I 1.605 2.290 196 Triwulan II 1.340 2.300 308 Triwulan III 1.470 2.040 750 Triwulan IV 1.290 1.780 2.250 * PT Bank BRIsyariah Tbk 16 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Volume Perdagangan (Lembar) 2022 2021 2020* Triwulan I 1.190.638.400 10.061.997.400 732.856.900 Triwulan II 560.250.900 3.808.326.000 3.986.666.700 Triwulan III 1.289.347.000 4.356.091.600 15.807.047.400 Triwulan IV 980.433.400 1.880.546.500 15.875.453.300 * PT Bank BRIsyariah Tbk Kinerja Saham 2022 Volume 0 150.000.000 135.000.000 120.000.000 105.000.000 90.000.000 75.000.000 60.000.000 45.000.000 30.000.000 15.000.000 Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember 0 2.000 Harga (Rp) 1.800 1.600 1.400 1.200 1.000 800 600 400 200 17 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Aksi Korporasi Informasi Penghentian Saham Sementara PT Bank Syariah Indonesia Tbk, di tahun 2022 melaksanakan right issue dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (“HMETD”) sebesar Rp5 triliun yang bertujuan untuk menambah modal inti Perseroan. Adapun pelaksanaan periode perdagangan HMETD dilaksanakan pada tanggal 19-23 Desember 2022, dengan rincian sebagai berikut: Tanggal Pelaksanaan Perdagangan HMETD Rasio Jumlah Saham Harga Saham Sebelum Right Issue Setelah Right Issue Sebelum Right Issue Setelah Right Issue 19-23 Desember 2022 9:1 41.129.307.343 46.129.260.138 1.200 1.310 Sepanjang tahun 2022, saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk tidak mengalami atau mendapat penghentian perdagangan di Bursa Efek Indonesia. 18 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Aksi Obligasi, Sukuk, atau Lainnya Penerbitan Nama Sukuk Nilai Sukuk Jatuh Tempo Bagi Hasil Peringkat dan Lembaga Pemeringkat 2022 2021 2016 Sukuk Mudharabah Subordinasi 1 Tahun 2016 PT Bank Syariah Indonesia Tbk (d.h PT Bank BRIsyariah Tbk) Rp1 Triliun 16 November 2023 9,5% A+ (PT Fitch Ratings Indonesia) A+ (PT Fitch Ratings Indonesia) 2016 Sukuk Mudharabah Subordinasi Tahun 2016 PT Bank Syariah Indonesia Tbk (d.h PT Bank Syariah Mandiri) Rp375 Miliar 22 Desember 2023 10% AA (PEFINDO) AA (PEFINDO) 19 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Penghargaan dan Sertifikasi BAZNAS AWARD 2022 5th INFOBANK SLE AWARD 2022 16th Annual Indonesia Property & Bank Award 2022 Public Relations Indonesia Awards 2022 Mitra Pengumpulan Zakat Perbankan Terbaik BAZNAS 17 Januari 2022 SLE Index 2022 Kategori Bank Umum Syariah Infobank 17 Februari 2022 The Most Innovative Sharia Housing Finance Program-BSI Griya Mabrur Property and Bank 24 Februari 2022 Terpopuler di Media Cetak 2021 Kategori Anak Usaha BUMN PR Indonesia 25 Maret 2022 TOP CSR Awards 2022 11TH INFOBANK DIGITAL BRAND AWARD 2022 The World Best Bank The 13th IICD GCG Conference and Award 2022 Top CSR 2022 #Star 4 Top Business 30 Maret 2022 Best Over All Kategori Bank Umum Syariah Infobank 7 April 2022 Top 5 The World Best Bank in Indonesia Forbes 15 April 2022 Top 50 Emiten dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar (Big Cap PLCs) Berita Satu & Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) 27 Mei 2022 PENGHARGAAN 20 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Digital Banking Awards 2021 1. Best Digital Banking Dimensi Customer 2. Best Digital Banking Dimensi Tatanan Institusi Kategori Bank Umum Syariah Majalah Investor 28 Juni 2022 Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2022 The Most Consistent Sharia Bank in Empowering Rural Communities Through CSR Programs Kategori Special Awards Bisnis Indonesia 29 Juni 2022 Infobank Best Service Excellence Awards 2022 Best All Performances Kategori Bank Umum Syariah Infobank 30 Juni 2022 Bisnis Indonesia Awards 2022 Bank Terbaik Sektor Perbankan Syariah Bisnis Indonesia 15 Agustus 2022 IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2022 Promoting Solar Electricity in Religious Community Kategori Special Awards IDX Channel 25 Agustus 2022 iNews Maker Awards 2022 Progressive International Market Expansion Kategori Innovation of Marketing, Product and Services iNews 30 Juni 2022 21 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan 12th Global Islamic Finance Awards 2022 GIFA Market Leadership Award 2022 Kategori Islamic Banking GIFA 16 September 2022 11th Infobank Sharia Award 2022 Sharia Institution with Predicate Excellent Kategori Kelompok KBMI 3 Infobank 22 September 2022 Asiamoney Awards 2022 Best Islamic Bank in Indonesia Asiamoney 22 September 2022 Investor Daily Summit 2022 Bank Syariah Terbaik Investor Daily 12 Oktober 2022 ESG Disclosure Awards 2022 Rating Commitment CCC Berita Satu 26 Oktober 2022 iNews Indonesia Award 2022 Outstanding Acceleration of Digital Customer Acquisition iNews 26 Oktober 2022 Best Islamic Finance Award 2022 Alpha South East Asia 1. Best Islamic Finance in Indonesia 2. Best Islamic Finance Retail in Indonesia Alpha South East Asia 8 September 2022 Best Syariah 2022 Majalah Investor Bank Syariah Terbaik Kategori Aset diatas Rp20 Triliun Majalah Investor 15 September 2022 Indonesia Property Award 2022 The Commended Mortgage Sharia Bank Majalah Property 7 September 2022 22 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Award UPZ BAZNAS 2022 1. UPZ BUMN dengan Pengumpulan Zakat Terbaik 2. UPZ BUMN dengan Penyaluran Zakat Terbaik 3. UPZ The Rising Star BAZNAS 27 Oktober 2022 Indonesia Original Brand 2022 Excellent Kategori Sharia Banking Majalah SWA 22 November 2022 Anugerah Syariah Republika 2022 1. Tabungan Syariah Terbaik 2. Tabungan Syariah Terbaik (Mobile Banking Terbaik) 3. Bank Syariah Terbaik (Mobile Banking Terbaik) Republika 29 November 2022 Bank Indonesia Award 2022 Bank Pendukung Pengendalian Moneter Rupiah & Valas Terbaik Bank Indonesia 30 November 2022 LPS Banking Award 2022 1. Bank Teraktif Dalam Kegiatan CSR 2. Bank Teraktif Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Masyarakat 3. Bank Teraktif Dalam Praktik Green Banking LPS 29 November 2022 23 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Bank Indonesia Award 2022 Bank Pendukung UMKM Terbaik Bank Indonesia 30 November 2022 Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2022 Financial Services Institutions - Bank Kementerian Perindustrian 9 Desember 2022 Islamic Retail Banking Awards 2022 The Strongest Islamic Retail Bank in Indonesia 2022 Cambridge IFA 12 Desember 2022 BPKH Banking Award 2022 1. BPS BPIH Pendaftar Haji Terbaik 2022 2. BPS BPIH Pendaftar Haji Millenial Terbaik 2022 3. BPS BPIH Green Financial Sustainability Institution 2022 Kategori Bank Umum Syariah-Unit Usaha Syariah BPKH 19 Desember 2022 Good Corporate Gorvernance Award (CGPI) 2022 Indonesia Most Trusted Companies IICG & SWA 20 Desember 2022 Penghargaan Kementerian Keuangan 1. Penghargaan Dealer Utama SBSN Terbaik Tahun 2021 2. Mitra Distribusi CWLS Ritel Terbaik Tahun 2022 Kategori Bank Syariah Kemenkeu 21 Desember 2022 24 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Tanggal Perolehan Sertifikasi Pemberi/Lembaga Sertifikasi Masa Berlaku 18 Mei 2021 ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu British standards institution 2023 20 Mei 2021 ISO 27001 Sistem Manajemen Keamanan Informasi British standards institution 2023 17 Desember 2021 ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP) Tuvnord 2024 22 Desember 2022 ISO 37301:2021 Sistem Manajemen Kepatuhan Chesna Certification 2025 SERTIFIKASI 25 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Peristiwa Penting BSI Dukung UMKM Melalui Talenta Wirausaha BSI Penandatanganan PKS Pengelolaan Dana APBN Non Gaji dan Penyediaan Layanan Gaji Antara TNI Angkatan Laut dan Mitra Bank TA 2022 Grand Launching Bank Syariah Indonesia sebagai Bank Penyalur Gaji, Bank Persepsi dan Mitra Pengelola Rekening Khusus Surat Berharga Syariah Negara Milad ke-1 Bank Syariah Indonesia 19 Januari 3 Januari 11 Januari 1 Februari 03 01 02 04 26 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Press Conference Kinerja Triwulan IV 2021 Penandatanganan PKS Pembiayaan KUR untuk Reseller serta UMKM antara Telkomsel dan BSI 2 Februari 7 Maret Bank Syariah Indonesia Menggelar Virtual Charity Concert #BSINation dalam rangka Milad Ke-1 BSI 16 Februari 07 05 Peresmian BSI Call Site Semarang sebagai upaya berkelanjutan meningkatkan kualitas layanan serta peningkatan accessibility call bagi nasabah 9 Februari 06 08 27 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Go Global, BSI Berkolaborasi dengan BankBank di Uni Emirat Arab BSI Perkuat Bisnis Griya dan Otomotif di Wilayah Timur Indonesia BSI Siapkan Pembiayaan KUR Syariah agar Petani Go Digital Fokus Kembangkan Islamic Ecosystem: Pembayaran Zakat Perusahaan BSI Mencapai Lebih dari Rp122,5 Miliar 27 Maret 10 Maret 22 Maret 13 April 11 09 10 12 28 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Bank Syariah Indonesia Bangun 15 Solar Panel Untuk Desa Tertinggal di NTT BSI Bersama Yayasan BSMU Resmi Launching Beasiswa Inkubator Bisnis ISDP 2022 Menorehkan capaian positif pada triwulan I/2022 dengan membukukan laba bersih mencapai Rp987,68 miliar atau naik 33,18% secara year on year (YoY) 21 April 22 April 28 April 15 Forbes Tempatkan BSI Kedalam Jajaran 5 Bank Terbaik Indonesia 15 April 13 14 16 29 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Bank Syariah Indonesia bersama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan didukung Laznas BSMU menyediakan Mobil Mushola di empat Pelabuhan selama masa Idul Fitri 1443 H Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Bank Syariah Indonesia membagikan dividen tunai sebesar 25% dari laba bersih perseroan kepada pemegang saham dan menyetujui Negara Republik Indonesia miliki saham Seri A Dwiwarna di Perseroan 1 Mei 27 Mei 17 18 Bank Syariah Indonesia meluncurkan BSI UMKM Center di Yogyakarta sebagai dukungan nyata bank syariah terbesar di Tanah Air dalam mengembangkan usaha rakyat yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional 9 Juni 19 30 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan BSI berhasil mendapatkan dua penghargaan untuk tatanan institusi dan customer dalam kategori bank syariah dalam acara Digital Banking Awards 2022. PT Bank Syariah Indonesia Tbk bersama dengan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menggelar akad massal bagi 2.500 nasabah program BSI KPR Sejahtera FLPP secara serentak Bank Syariah Indonesia bersama Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan lainnya melakukan penanaman 20.000 pohon bakau di Daerah Kedonganan, Kabupaten Badung Bali. Bank Syariah Indonesia bersama Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (LAZNAS BSMU) bersama 23 lembaga zakat menyalurkan 3.691 hewan kurban bagi masyarakat duafa ke berbagai wilayah Indonesia melalui Program Inspirasi Kebaikan Idul Adha 1443 H. 22 Juni 24 Juni 1 Juli 10 Juli 22 20 21 23 31 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Bank Syariah Indonesia menargetkan pembiayaan tumbuh double digit dalam gelaran Life With BSI Expo Jakarta Bank Syariah Indonesia meluncurkan BSI UMKM Center di Surabaya, Jawa Timur, sebagai dukungan nyata bank syariah terbesar di Tanah Air dalam memperkuat usaha kecil dan menengah yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional. Bank Syariah Indonesia meresmikan Masjid BSI Pananjakan Bromo bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. BSI terus melakukan literasi untuk mengenalkan layanan keuangan syariah. Salah satunya dengan mengenalkan tabungan Wadiah yang membebaskan biaya administrasi bulanan pada gelaran Islamic Book Fair 2022 Life With BSI. 28 Juli 21 Juli 22 Juli 7 Agustus 26 24 25 27 32 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan BSI menjadi satu dari delapan penyelenggaraan jasa pembayaran (PJP) QRIS antara IndonesiaThailand. Lewat kerjasama itu, nasabah BSI dan masyarakat Indonesia sudah bisa menggunakan QRIS via BSI Mobile untuk bertransaksi di Thailand. BSI melakukan kerja sama dengan PP Muhammadiyah guna meningkatkan inklusifitas dan penetrasi keuangan syariah di Indonesia BSI berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja yang signifikan dan berkualitas sepanjang pertengahan tahun ini. Di tengah kondisi perekonomian yang menantang akibat gejolak ekonomi global, pada kuartal II/2022, BSI mampu membukukan laba bersih mencapai Rp2,13 triliun, tumbuh 41,31% year on year (yoy) Dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional, jajaran direksi PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) turut hadir langsung untuk melayani nasabah di BSI Kantor Cabang The Tower dan di BSI Kantor Cabang Depok Margonda 2. 10 Agustus 25 Agustus 1 September 5 September 30 28 29 31 33 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan BSI dinobatkan sebagai Best Islamic Bank di Indonesia pada ajang Asiamoney Best Banks Awards 2022 serta mendapatkan dua penghargaan pada acara Islamic Finance Summit 2022. BSI terus memperkuat layanan dan mendukung upaya peningkatan ekonomi Aceh. Melalui pembangunan Gedung landmark dengan konsep Green Building di Aceh dan pada saat yang sama Desa Binaan BSI Meunasah Asan Aceh melakukan Ekspor Perdana 60 Ton Bandeng ke Korsel dan Jepang. BSI dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melakukan kerjasama untuk kerjasama untuk menjajaki terciptanya Islamic Ecosystem di Indonesia BSI mendapat persetujuan dari pemegang saham untuk melakukan aksi korporasi melalui penambahan modal dengan Hak memesan Efek Terlebih Dahulu I (Rights Issue) dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya 6 Miliar saham seri B Perseroan. 22 September 6 September 21 September 23 September 34 32 33 35 34 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan BSI memiliki komitmen dalam transformasi digital di State-Owned Enterprises (SOE) International Conference 2022 BSI menjalin kerja sama strategis dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kerjasama ini untuk mendukung dan memperkuat peranan ditengah masyarakat dalam mengakselerasi pembangunan Islamic ecosystem dalam negeri. BSI berkomitmen mendukung penuh inisiatif-inisiatif penguatan ekosistem Global Halal Hub Kinerja positif PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) pada kuartal III/2022 tercermin dari laba bersih yang meningkat 42% secara year on year (YoY) mencapai Rp 3,21 triliun 5 Oktober 9 Oktober 18 Oktober 27 Oktober 38 36 37 39 35 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Ikhtisar Kinerja Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan BSI dan Universitas Indonesia (UI) berkomitmen kuat untuk meningkatkan literasi perbankan syariah di atas 10%, melalui kerja sama penandatanganan nota kesepahaman kedua pihak. BSI terus memperkuat bisnis global untuk meningkatkan kontribusi dalam pengembangan perdagangan dan investasi serta layanan keuangan syariah demi mendorong memperkuat pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya dengan menggandeng Riyad Bank untuk menjadi mitra strategis dalam pengembangan bisnis di Arab Saudi. Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin memberikan dukungan untuk PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) agar bisa tumbuh lebih cepat dan menjadi Top Ten Global Islamic Bank. Hal itu disampaikan Wapres dalam kunjungan kerja di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) dan melakukan peninjauan ke kantor perwakilan BSI di Gate District 3, DIFC, Sheikh Zayed Road 8 Desember 2 November 4 November 42 40 41 36 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan BSI terus mencatatkan prestasi meski belum genap 2 tahun beroperasi. Torehan prestasi tersebut merupakan buah transformasi dan kolaborasi seluruh elemen perseroan dibawah komando yang tepat dari Direktur Utama, Hery Gunardi 13 Desember Right Issue BSI Over Subscribed 1,4 kali. Aksi korporasi right issue PT Bank Syariah Indonesia Tbk Melalui Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) mengalami over subscribed 1,4 kali. 26 Desember 44 43 37 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Laporan Manajemen 02 Bank Syariah Indonesia Laporan Tahunan 2022 BSI telah menjadi bagian dari ekosistem keuangan syariah internasional sejalan dengan “Corporate Plan PT Bank Syariah Indonesia Tbk” tahun 2022-2025, yaitu menjadi “Top 10 Global Syariah Bank”.

Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Ikhtisar Kinerja Beragam pertimbangan Dewan Komisaris telah menjadi bagian dari analisis prospek usaha yang disusun Direksi. Karena itu, Dewan Komisaris akan memberikan dukungan penuh untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Para Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan yang kami hormati, Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. Atas berkah dan rahmat-Nya, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (“BSI”, “Bank”) yang akan memasuki usia 2 (dua) tahun, hadir memberikan kontribusi pada industri perbankan nasional sebagai bank syariah terbesar di Indonesia. Melalui merger 3 (tiga) bank syariah milik BUMN (Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, BRIsyariah), pada tahun buku 2022 BSI mampu memberikan layanan terbaik kepada nasabah dan memenuhi ekspektasi pemangku kepentingan, sebagaimana tergambar dalam pencapaian dan kinerja keuangan Bank. Pengawasan dan beragam masukan Dewan Komisaris sepanjang tahun 2022 difokuskan pada arahan untuk memperkuat strategi Bank dalam meraih pertumbuhan ditengah tantangan makroekonomi dan industri perbankan. Dewan Komisaris berharap, kehadiran BSI tidak hanya sebagai pelengkap pilihan atas kebutuhan pelayanan jasa keuangan perbankan nasional, tetapi dapat menjadi lembaga penggerak dalam menyebarkan nilai-nilai Islam yang memberikan rahmat bagi seluruh alam, serta mencapai visi Bank menjadi Top 10 Global Islamic Bank. Dengan demikian, Bank menjadi inspirasi bagi semua pihak. Laporan Dewan Komisaris 40 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Adiwarman Azwar Karim Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen 41 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Ikhtisar Kinerja Melalui laporan ini, Dewan Komisaris menyampaikan laporan tugas dan tanggung jawab pengawasan Bank sejalan dengan amanah RUPS dan Anggaran Dasar, yang telah dilakukan selama tahun 2022. Atas segala pencapaian penting BSI pada tahun 2022, Dewan Komisaris memberikan apresiasi kepada Direksi dan jajaran di bawahnya atas kerja keras yang telah dipersembahkan. Kerja sama Dewan Komisaris, Dewan Pengawas Syariah dan Direksi juga berjalan padu, sehingga mampu memenuhi ekspektasi para pemangku kepentingan, memberikan manfaat bagi perekonomian nasional serta menjadi katalisator bagi ekosistem syariah. PANDANGAN TERHADAP KONDISI EKONOMI DAN INDUSTRI Dewan Komisaris menyadari bahwa situasi perekonomian yang harus dihadapi BSI pada tahun 2022 penuh dengan tantangan. Di saat pemulihan dari dampak pandemi COVID-19 sedang berlangsung, dunia global dihadapkan oleh dinamika geopolitik, yaitu perang Rusia dan Ukraina. Dalam catatan Bank Indonesia (BI), perkembangan geopolitik itu berdampak pada meningkatnya risiko resesi dan inflasi yang tinggi. Perang telah mengakibatkan terganggunya rantai pasok di tingkat global. Lonjakan harga komoditas tak terhindarkan, sehingga menimbulkan inflasi tinggi, termasuk di Indonesia. Dalam kondisi seperti itu, bank sentral di banyak negara merespons dengan kenaikan suku bunga acuan, termasuk Indonesia. Bank sentral Amerika Serikat (AS) The Fed termasuk yang paling agresif, dengan menaikkan suku bunga acuan hingga mencapai 425 basis points (bps) selama tahun 2022, dari di kisaran 0,25-0,50%, menjadi 4,25-4,50 di akhir Desember 2022. Pengetatan kebijakan moneter yang agresif di negara maju menyebabkan perlambatan perekonomian dari sisi permintaan. Bahkan dalam analisisnya, BI berpandangan bahwa kondisi pasar keuangan global juga mengalami ketidakpastian. Perkembangan di tingkat global tersebut berdampak kepada penguatan kurs dolar dan pelemahan rupiah. Sekaligus untuk menekan inflasi, BI pun menaikkan suku bunga acuan hingga 200 bps, dari 3,50% menjadi 5,50% selama tahun 2022. Bagi perbankan, termasuk BSI, kenaikan suku bunga acuan tersebut menimbulkan tambahan pada biaya perolehan dana (cost of fund) perbankan serta mengetatnya likuiditas di pasar. Namun, pulihnya konsumsi domestik masih menjadi pendorong pertumbuhan bisnis perbankan, sehingga ekspansi pembiayaan tetap tumbuh positif. Kendati demikian, industri perbankan baik secara nasional maupun syariah, telah menunjukan ketangguhannya dalam menghadapi dinamika yang terjadi. Hal ini tercermin pada pertumbuhan indikator keuangan antara lain total aset perbankan nasional menyentuh Rp11.073 triliun pada November 2022, atau tumbuh 9,68% (yoy). Total Dana Pihak Ketiga (DPK) naik Rp662 triliun atau tumbuh 8,89% (yoy). Penyaluran kredit juga meningkat Rp657 triliun atau 11,27% (yoy). Begitu juga dengan industri perbankan syariah. Total asetnya naik Rp94 triliun dan menyentuh level Rp756,3 triliun pada November 2022, atau tumbuh 14,2% (yoy). Sedangkan DPK yang berhasil dihimpun naik Rp71 triliun ke level Rp594,5 triliun, tumbuh 13,5% (yoy), sejalan dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap produk perbankan syariah yang didukung peningkatan infrastruktur dan layanan akses digitalisasi. Dari aspek pembiayaan, tercatat pada November 2022 pembiayaan bank syariah melesat 23,5% YoY. Kualitas pembiayaan perbankan syariah juga menunjukkan kinerja positif. Tingkat rasio Non Performing Financing (NPF) gross membaik dari 2,70% di akhir 2021 menjadi 2,55% di November 2022 dan lebih rendah dari industri perbankan nasional. PENILAIAN KINERJA DIREKSI Dasar Penilaian Dewan Komisaris melakukan penilaian kinerja Direksi berdasarkan Key Performance Indicators (KPI) Direksi baik secara individu maupun kolegial dan berdasarkan Rencana Bisnis Bank (RBB) tahun 2022. Selain itu, Dewan Komisaris juga mempertimbangkan dinamika eksternal yang dihadapi terutama kondisi perekonomian dan industri keuangan termasuk perbankan syariah. 42 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Tata Kelola Perusahaan Penunjang Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Laporan Keuangan Harus diakui bahwa kondisi tahun 2022 dilalui dengan penuh tantangan. Dalam menghadapi situasi tersebut, setidaknya ada 5 (lima) fokus Direksi yang menjadi perhatian Dewan Komisaris dalam merespon perkembangan yang terjadi. Pertama, pertumbuhan pembiayaan dan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang sehat dan berkelanjutan. Kedua, mendorong profitabilitas melalui pertumbuhan dana murah (Currrent Account Saving Account/CASA), peningkatan Fee Based Income (FBI), dan pertumbuhan produktivitas cabang. Ketiga, meningkatkan kapabilitas digital melalui Superapps Mobile Banking dan mendorong pertumbuhan Islamic Ecosystem. Keempat, melakukan penguatan fundamental seperti teknologi informasi dan digital, manajemen risiko, Sumber Daya Manusia (SDM) serta operational excellence. Kelima, peningkatan kapabilitas Wholesale Transaction dan kolaborasi dengan Ritel. Inisiatif-inisiatif tersebut telah memberikan dampak positif bagi BSI. Hasil Penilaian Dengan mempertimbangkan dasar penilaian tersebut, Dewan Komisaris memandang bahwa Direksi telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan sangat baik sepanjang tahun 2022. Dewan Komisaris memberikan apresiasi terhadap upaya-upaya yang dilakukan oleh Direksi dalam rangka pencapaian target keuangan yang tertuang dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) tahun 2022. Keberhasilan pencapaian target ekspansi bisnis ini memberikan imbas positif terhadap target profitabilitas. Di antaranya, Bank berhasil mencatatkan laba bersih mencapai Rp4,3 triliun, tumbuh 40,68% dibandingkan tahun sebelumnya. Indikator profitabilitas lainnya yang bergerak positif, misalnya Return on Asset (RoA) yang meningkat dari 1,61% tahun 2021 menjadi 1,98% di tahun 2022. Begitu juga dengan Return on Equity (RoE) yang tercatat sebesar 16,84% mampu melebihi target yang telah ditetapkan, serta meningkat dari posisi tahun lalu sebesar 13,71%. Peningkatan rasio profitabilitas didukung kemampuan BSI meningkatkan pertumbuhan pembiayaan secara year on year (yoy) sebesar 21,26%. Pencapaian tersebut di atas kinerja perbankan sebesar 11,35% (yoy). Pertumbuhan pembiayaan juga tercermin dengan peningkatan Financing to Deposit Ratio (FDR) menjadi 79,37% dari tahun 2021 sebesar 73,39%. Selain itu, Direksi juga selektif dalam mengarahkan fokus pembiayaan yang memberi imbal hasil tinggi dan kualitas pembiayaan yang baik. Hal ini tercermin dengan Rasio NI (Net Imbalan) optimal di angka 6,31%, meningkat dari posisi tahun 2021 yang sebesar 6,04%. Ekspansi pertumbuhan pembiayaan diimbangi dengan terjaganya kualitas yang baik, seperti ditunjukkan oleh rasio Non Performing Financing (NPF) yang tercatat sebesar 2,42% di tahun 2022 ini membaik dari posisi tahun 2021 sebesar 2,93%. Sedangkan NPF Nett berada di angka 0,57%, lebih baik dari posisi tahun 2021 yang sebesar 0,87%. Penurunan NPF yang signifikan tersebut menunjukkan keberhasilan manajemen dalam menjaga kualitas pembiayaan, termasuk keberhasilan melakukan restrukturisasi pembiayaan sebagai akibat pandemi COVID-19 yang lalu. Begitu juga dengan Cash Coverage Ratio (NPF Coverage) dengan rasio yang tergolong cukup memadai, yaitu sebesar 183,12% pada akhir tahun 2022. Hal ini ditempuh dalam rangka mengantisipasi penurunan kualitas pembiayaan serta upaya penerapan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko yang baik. Rasio kualitas dan efisiensi pembiayaan tercermin juga pada rasio Financing at Risk (FaR). Pada tahun 2022, posisinya di angka 12,45%, menurun dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 17,69% dan Cost of Financing (CoC) menurun menjadi 1,97%, dari 2,36% pada tahun 2021. Dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK), Bank berhasil mencatatkan Rp261 triliun, tumbuh Rp28 triliun atau 12,11% dibandingkan tahun 2021. Pertumbuhan DPK ini dikelola dengan peningkatan pertumbuhan rasio komposisi dana murah (Current Account-Saving Account /CASA) di angka 61,57%, meningkat dari posisi tahun 2021 di angka 57,91%. 43 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

Laporan Manajemen Analisis dan Pembahasan Manajemen Profil Perusahaan Ikhtisar Kinerja Dewan Komisaris juga memberikan apresiasi terhadap upaya Direksi dalam mengembangkan layanan e-channel, peningkatan layanan digital yang sangat diperlukan dalam mengakomodasi perubahan trend perilaku transaksi masyarakat ke arah digital. Pengembangan layanan ini dapat mendukung peningkatan perolehan Fee Based Income (FBI) yang lebih optimal. Pada tahun 2022, FBI dari e-channel tumbuh 23,8% (yoy) dan FBI dari mobile banking tumbuh 67,3% (yoy). Dengan demikian, secara keseluruhan FBI meningkat 21,2% (yoy). Dari sisi tingkat efisiensi, Bank berhasil menjaga rasio biaya operasional dan pendapatan operasional (BOPO) sebesar 75,88%, lebih efisien dari posisi tahun 2021 yang sebesar 80,46%. Penurunan tersebut merupakan hasil dari upaya Bank dalam melakukan efisiensi pada beberapa aspek operasional Bank sepanjang tahun 2022. Kondisi permodalan Bank juga semakin kuat pasca rights issue pada bulan Desember tahun 2022, sehingga rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) mencapai 20,29%. Namun masih belum mencapai target yang ditetapkan, karena pertumbuhan pembiayaan yang cukup ekspansif sehingga meningkatkan Aktiva Tertimbang Menurut Risiko (ATMR). Berdasarkan hasil penilaian tersebut, Dewan Komisaris memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Direksi atas pencapaian kinerja BSI yang sangat baik di tahun 2022. Dewan Komisaris berpendapat bahwa Direksi mampu menghadapi tantangan perekonomian dan industri dengan meraih peluang yang ada serta dapat memberikan kerberkahan dan manfaat kepada seluruh pihak. PENGAWASAN TERHADAP PERUMUSAN DAN IMPLEMENTASI STRATEGI Pelaksanaan tugas Dewan Komisaris di bidang pengawasan terhadap penerapan strategi yang dijalankan oleh Direksi atau manajemen, antara lain mengacu pada Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK) Nomor 14/SEOJK.03/2021 tanggal 30 April 2021 tentang Rencana Bisnis Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah. Regulasi tersebut menegaskan bahwa Dewan Komisaris wajib melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Rencana Bisnis Bank (RBB), yang antara lain mencakup kebijakan dan strategi manajemen. Hasil pengawasan tersebut dituangkan dalam Laporan Pengawasan Pelaksanaan RBB yang disampaikan kepada OJK setiap semester. Penilaian Dewan Komisaris terhadap RBB ini berupa penilaian aspek kuantitatif maupun kualitatif terhadap realisasinya, termasuk penerapan kepatuhan terhadap prinsip syariah. Pada tahun 2022, Dewan Komisaris telah membuat dan menyampaikan Laporan Pengawasan Realisasi RBB sebagai berikut: 1. Penilaian Dewan Komisaris tentang Pelaksanaan Rencana Bisnis berupa Penilaian Aspek Kuantitatif maupun Kualitatif terhadap realisasi rencana bisnis, termasuk penerapan prinsip syariah, terdiri dari: a. Laporan Kinerja BSI b. Teknologi Informasi (TI) c. Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) d. Kepatuhan terhadap Prinsip Syariah e. Laporan Kinerja Kepatuhan f. Implementasi Good Corporate Governance (GCG) g. Sustainable Finance (SF) h. Pemenuhan Komitmen Hasil Pemeriksaan OJK dan Auditor Ekstern Lainnya 2. Penilaian Dewan Komisaris tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Bank secara umum, khususnya faktor permodalan (capital), rentabilitas (earnings), tata kelola yang baik, profil risiko, terutama risiko kredit, risiko pasar dan risiko likuiditas. 3. Penilaian Dewan Komisaris mengenai Upaya Perbaikan Kinerja Bank. Merujuk pada hasil pengawasan tersebut, Dewan Komisaris menilai bahwa Direksi telah merumuskan rencana bisnis BSI dengan baik dan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian. Begitu juga dari sisi implementasi, Direksi telah menjalankannya dengan sangat baik, dari pemantauan hingga keterlibatannya yang maksimal, mengingat BSI merupakan entitas yang baru beroperasi hampir 2 (dua) tahun. PANDANGAN ATAS PROSPEK USAHA YANG DISUSUN OLEH DIREKSI Dewan Komisaris telah mempelajari tinjauan prospek usaha BSI ke depan yang telah disusun oleh Direksi. Dalam pandangan Dewan Komisaris, analisis tersebut telah mempertimbangkan perkembangan dinamika perekonomian global dan nasional yang berpotensi terjadi pada tahun depan. 44 LAPORAN TAHUNAN 2022 PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk

RkJQdWJsaXNoZXIy NTM2MDQ5